THE 8TH NGANGET INTERNATIONAL WORK CAMP #EmbraceTheSouls




The 8th NIWC 2018: Embrace The Souls
Volunteer saling membantu

Memasuki tahun ke-8, tema work camp kali ini adalah "embrace the souls". Kegiatan work camp diadakan selama dua minggu yaitu pada 7-21 Agustus 2017. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari seluruh Indonesia dan Jepang yang tergabung dalam Friends International Work Camp (FIWC).

Agenda utama work camp tahun ini adalah kegiatan "work " dan "home visit". Kegiatan work merupakan kegiatan membangun sarana prasarana untuk menunjang kehidupan orang yang pernah mengalami kusta. Work project dari kegiatan ini disponsori oleh Sasakawa Memorial Health Foundation. Sedangkan Home Visit adalah kegiatan berkunjung ke rumah orang yang pernah mengalami kusta di dusun Nganget . Selain itu terdapat kegiatan lain yang juga tidak kalah menarik yaitu Joy in Giving, Youth Sharing Program, dan Educational Program.
Kamar Bilas
Jalan Menuju Sumber Air Panas


Apabila tahun-tahun sebelumnya work project hanya ada satu, tahun ini work project ada dua yaitu, jalan menuju sumber air panas dan kamar bilas. Sehingga, volunteer dan warga bekerja dengan cukup keras untuk membangun work project. Beberapa kali warga dan
volunteer mengadakan kerja bakti siang dan malam. Sehingga, kegiatan work meningkatkan interaksi antara warga dan volunteer. Ketika volunteer dan warga kerja keras bersama, lelah bersama maka kedekatan itu akan tercipta!

Kegiatan home visit didadakan di Panti Rehabilitasi, Liposos, Desa, dan Pucung. Kegiatan home visit  berkunjung ke rumah warga, mungkin terdengar sederhana. Namun, bagi warga Nganget home visit adalah kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu. Tidak heran apabila mereka sudah menyiapkan makanan ringan, terkadang mereka tidak tidur siang dan berladang
untuk menantikan volunteer yang  datang. Saat berkunjung ke rumah   warga, volunteer mendengarkan  kisah perjuangan warga Nganget yang luar biasa bertahan dari stigma dan diskriminasi terhadap mereka, menyanyi bersama, menonton tv bersama, memotong rambut, menumpang mandi, bertanding catur dengan warga.

Youth Sharing merupakan kegiatan yang baru diadakan. Kegiatan Youth Sharing melibatkan pemuda-pemudi Nganget yang tergabung dalam "Kali Panas Team". Saat Youth Sharing, volunteers menyampaikan perasaan mereka terhadap Nganget. 
















Comments