World Leprosy Day 2013 “Meskipun Kusta, Tetap Berdaya Dan Berkarya”


Peringatan hari kusta sedunia yang diadakan oleh RS Sitanala Tangerang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan pada tanggal 13 Februari 2013 bertempat di gedung serbaguna, komplek rehabilitasi kusta, Sitanala, Tangerang. Acara peringatan World Leprosy Day (WLD) kali ini diisi dengan pidato ibu Menteri Kesehatan, testimonial orang yang pernah mengalami kusta, seminar motivasi, dan peresmian poliklinik kusta terpadu, RS Sitanala. Acara ini dihadiri oleh para pejabat tinggi wilayah Tangerang, orang yang pernah mengalami kusta, dan juga para pengusaha industri rumah tangga.
Acara ini bertujuan untuk memberi semangat bagi orang yang pernah mengalami kusta dalam berkarya, sesuai dengan tema yang diusung “meskipun kusta, tetap berdaya dan berkarya”. Untuk itu, dihadirkan pengusaha-pengusaha industri rumah tangga di acara ini. Harapannya, dapat terjalin kerjasama dalam mengembangkan usaha atau karya orang yang pernah mengalami kusta.
Dalam pidatonya, ibu Menkes menyampaikan bahwa stigma dan diskriminasi terhadap kusta tidaklah masuk akal, oleh karena itu perlakukanlah mereka sama seperti saudaramu. Ibu Menkes mengajak masyarakat untuk menghapus diskriminasi terhadap kusta. Sehingga orang yang pernah mengalami kusta tidak lagi terkucilkan dan mampu bangkit dalam menjalankan usaha dan karyanya.

Comments