Workshop Bersama Nalacity Foundation

LCC UI tidak sendiri dalam memperingati hari kusta sedunia. Kawan-kawan pasti sudah tidak asing dengan Nalacity Foundation, sebuah organisasi social entrepreneurshipyang memberdayakan ibu-ibu yang pernah mengalami kusta di Sitanala, Tangerang. LCC UI bersama Nalacity Foundation mengadakan workshop di Sitanala Tangerang pada hari Sabtu tanggal 2 Februari 2013 beberapa waktu yang lalu. Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 10 orang mahasiswi dan 10 ibu-ibu yang pernah mengalami kusta. Ada dua sesi utama di acara ini, sesi pertama berupa penyuluhan tentang kusta terhadap mahasiswa. Kemudian, dilakukan workshop membuat manik-manik kerudung yang melibatkan mahasiswa dan ibu-ibu yang pernah mengalami kusta sehingga timbul kedekatan antar mereka.
Pada sesi pertama LCC UI ambil bagian dalam memberikan penyuluhan mengenai kusta terhadap mahasiswa peserta workshop tersebut. Adapun materi yang diberikan yaitu pengenalan tentang kusta itu sendiri, penularan, gejala dan tanda-tanda, pencegahan dan pengobatan. Selain penyuluhan yang diberikan peserta juga diberikan buku dan flyer tentang kusta dari depkes.
Pada sesi selanjutnya, yaitu workshop membuat manik-manik kerudung, mahasiswa diminta untuk memilih warna kerudung dan manik-manik sesuai selera dan memilih pola yang diinginkan yang sebelumnya telah disiapkan. Mereka belajar membuat manik-manik tersebut dengan bantuan ibu-ibu yang pernah mengalami kusta yang sebelumnya telah bergabung dengan Nalacity Foundation. Ibu-ibu ini sudah sangat ahli dalam pemasangan manik-manik dikerudung. Bagi ibu-ibu tersebut pastilah keterbatasan sama sekali bukan halangan untuk berkarya.

Comments