Skip to main content

The 5th International Workcamp 2014: Memahami Kekurangan di Tengah Perbedaan


Leprosy Care Community (LCC) kembali mengadakan workcamp di Desa Nganget, Tuban-Bojonegoro, Jawa Timur. Dengan mengangkat tema "Embracing Our Differences"ini merupakan kali ke-5 LCC mengadakan kegiatan Workcamp di desa tersebut. Banyak warga yang ternyata sangat antusias menunggu kedatangan campers LCC tahun ini, termasuk adik-adik kecil yang kerap kali selalu bermain di depan basecamp saat campers berada di sana selama 12 hari. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 10 Agustus 2014 – 24 Agustus 2014 dengan 2 hari perjalanan.

Keberangkatan ke Desa Nganget
Tepat pada tanggal 11 Agustus 2014, seluruh campers dari Indonesia tiba di stasiun Bojonegoro, Jawa Timur. Campers yang berasal dari Indonesia berasal dari Universitas yang berbeda, diantaranya 2 orang dari UNDIP (Via dan Baiti), 4 orang dari UNAIR (Mira, Mei, Charisma, dan Fa’id), 1 orang dari UIN Surabaya (Fitri), dan  15 orang dari UI (Febiy, Adin, Iga, Yuli, Dian, Monica, Nadiyah, Harrish, Salma, Hoho, Lia, Naning, Ari, Arum, dan Anik).
Kemudian disusul 4 orang campers yang impor dari Jepang, sebut saja Takeru, Masamune, Hiroko, dan Moe. Campers Jepang lain, Osamu, Yuto, Takashi, Ruri, Miyu, Chika, dan Hiro. Sempat tertunda penerbangannya karena ada delay akibat badai yang terjadi di wilayah Jepang. Meskipun begitu, itu bukan menjadi suatu penghalang bagi mereka untuk bertemu warga yang pernah mengalami kusta di Nganget.
 Selama 3 hari perjalanan dan tidak sempat mandi, akhirnya mereka dapat tiba dengan selamat di Nganget.

Welcoming Party

Setelah lengkap campers dari Indonesia dan Jepang, malam harinya diadakan kegiatanWelcoming Party. Kegiatan ini bermaksud untuk menyapa warga sekitar, memberikan hiburan, sekaligus sebagai simbolis atas kedatangan campers. Campers Indonesia menampilkan paduan suara dengan menyanyikan lagu medley Jawa, sedangkancampers Jepang menampilkan tarian Fortune Cookies versi JKT 48. Selain itu juga ada kembang api-kembang api yang diluncurkan ke langit. Meriah sekali tentunya.

Work Project

Work Project merupakan salah satu kegiatan utama yang dilakukan pada Workcampyang diadakan oleh LCC. Pada The 5th International Workcampcampers diajak untuk memperbaiki 3 toilet yang berda di daerah Liposos. Tiga toilet tersebut telah lama dialih-fungsikan menjadi kandang hewan, sehingga tidak terawat.
Dibantu oleh 2 orang tukang profesional dari warga Nganget, campers diajak untuk memahat tembok yang sudah rapuh, memberikan semen, dan mengecat dinding-dinding toilet. Kegiatan ini dilakukan pada siang hari ditemani dengan terik matahari, namun tidak pernah meyurutkan semangat campers.

 Home Visit 
Home Visit merupakan kegiatan yang dapat memberikan esensi dari kegiatan Workcamp yang dilakukan untuk orang yang pernah mengalami kusta.
Pada kegiatan ini, campers diajak untuk mengenal lebih dekat warga yang tinggal di Nganget, khususnya orang yang pernah mengalami kusta, ataupun karyawan panti.
Campers diharapkan dapat mendengarkan curahan hati para warga, membantu membersihkan kamar atau rumahnya, memijat, memotong kuku, memotong rambut, ataupun membantu membersihkan piring kotor.
Karena sesungguhnya, orang yang pernah mengalami kusta butuh diperhatikan dan didengarkan. Tidak perlu kegiatan yang terlalu muluk, melainkan kegiatan sederhana yang dapat membuat mereka tersenyum. 
Joy in Giving
Kegiatan ini tidak jauh beda dengan Home Visit. Namun pada Joy in Giving, campers memberikan bubur kacang hijau pada warga yang tinggal di Panti (dekat basecamp)

Kitchen Police
Kichen Police juga merupakan salah satu kegiatan utama Workcamp LCC. Seperti yang kita ketahui, campers dibagi menjadi 5 kelompok. Tiap harinya, kelompok-kelompok tersebut memiliki kegiatan yang berbeda. Dua kelompok melakukan Home Visit, dua kelompok yang lain melakukan Work Project, 1 kelompok menjadi kelompok Kitchen Police. 
Apa saja yang dilakukan kelompok Kitchen Police?
Merekalah yang bertugas untuk memasak makanan pagi, siang, dan malam. Membersihkan seluruh sudut basecamp. Membersihkan toilet, serta mencuci piring. Belum lagi jika ada kegiatan besar ataupun kegiatan Educational Program, mereka jugalah yang menyiapkan makanan-makanannya. Kalau kata campers IWC 5, “Kitchen Police is never ending job.”
Sky Lantern
Kegiatan sky lantern ini merupakan kali pertama diadakan di Desa Nganget. Lampion-lampion tersebut berisi harapan para warga Panti, warga Liposos, karyawan, dan warga Nganget itu sendiri. Selain itu juga ada harapan-harapan dari campers. Lampion-lampion yang berisi harapan-harapan tersebut kemudian diterbangkan bersama-sama Namun lucunya, warga sempat mengira kalau lampion yang terbang tersebut adalah lampu terbang untuk santet. Haha, ada-ada saja.
Cultural Night Sharing
 Kegiatan ini dilakukan antar campers Indonesia dan Jepang saja, tanpa melibatkan warga. Gunanya untuk mempererat persaudaran antar campers, selain itu untuk mengetahui budaya diantara ke-2 Negara.
Campers Indonesia membagi wilayah menjadi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Dari Jawa Barat menampilkan tarian Sirih Kuning, dari Jawa Tengah menampilkan tarian dan drama, dan dari Jawa Timur menampilkan paduan suara lagu medley Jawa Timur serta sebuah tarian.
 Sedangkan dari Jepang menampilkan 2 tarian khas Jepang. Diantaranya tarian yang menceritakan tentang kapal perang di tengah badai.
 Setelah penampilan-penampilan tersebut, it's time to eat!
Campers Indonesia menghidangkan Gado-Gado, sedangkan campers Jepang menghidangkan Yakisoba, sejenis mie goreng asli Jepang yang diberikan ayam rebus.
Educational Program 
Kegiatan ini merupakan kegiatan khusus adik-adik yang tinggal di Nganget. Campers memberikan hiburan sekaligus pembelajaran. Adik-adik di sana sangat antusias sekali, lhoo. Senang melihat mereka bisa tertawa gembira :D
Campers mengajarkan mereka menghias pot dengan biji-bijian, menggambar cita-cita, dan membuat es krim. Yummy! Campersjuga diajak untuk bermain dan bernyanyi bersama adik-adik di sana.
Independence Day 
Karena kegiatan IWC 5 ini diadakan pada bulan Agustus, dan tepat melewati tanggal 17 Agustus. Campers dan warga diajak untuk merayakan HUT RI ke-69 secara bersama-sama. Namun sayangnya, kami tidak mengadakan acara pengibaran bendera merah-putih.
Kami mengadakan bermacam-macam lomba, ada lomba catur untuk orang dewasa, lomba memecahkan plastik, lomba futsal, lomba memasukkan paku ke dalam botol, lomba tarik tambang, dsb.
Japan Cultural Night 
Kegiatan yang berlangsung di tengah kegiatan 17-Agustusan ini berisi acara-acara yang biasa diadakan di Jepang. Peluncuran kembang api, menari mengelilingi api unggun, bermain Bingo, dan memakanmarshmallow. 
Campers to Campers dan Sharing Session
 Dua kegiatan ini rutin diadakan hampir setiap malam. Gunanya untuk mengenal antar campers Indonesia dan Jepang. Sekaligus mengetahui apa saja kegiatan yang dilakukan pada hari itu. 
Campers to campers diisi dengan bermain games. Diantaranya ada permainan tebak tokoh favorit, tebak kata, do you love me?, dan masih banyak lagi.
Oiya, Workcamp yang diadakan LCC juga memiliki kegiatan unik nih. Apakah itu? Setiap memulai makan pagi, siang, dan malam. Sebelum berdoa, campers diwajibkan untuk menyanyikan sebuah camp song, yang berbeda tiap tahunnya. Camp songIWC 2014 ini adalah, “In my life – the Beatless” J J J  
Farewell Party
 Farewell party merupakan kegiatan yang hampir sama dengan Welcoming party. Namun bedanya, pada kegiatan ini campers bermaksud untuk berpamitan pulang. Kegiatan ini dilaksanakan malam hari pada 23 Agustus 2014.Seperti biasa campers menampilkan suatu pertunjukkan untuk warga. Namun bedanya, ada penampilan kolaborasi antar campers Jepang dan campers Indonesia dengan menampilkan tarian Fortune Cookies versi JKT 48.
Acara Farewell Party ini lebih meriah dari pada acara Welcoming Party karena warga mendatangkan beberapa biduan cantik untuk bernyanyi dangut. (RA)

Comments

Popular posts from this blog

[OPEN RECRUITMENT THE 9TH NGANGET INTERNATIONAL WORK CAMP 2018]

Apakah kamu ? 
✔ Mahasiswa salah satu universitas di Indonesia  ✔ Memiliki komitmen dan motivasi menjadi volunteer ✔ Bersedia berinteraksi dengan orang yang pernah mengalami kusta selama 2 minggu ✔  Berkomitmen untuk mengikuti acara work camp pada 6-20 Agustus 2018 dan bersedia mengikuti rangkaian acara NIWC

Kami mengajak kamu untuk bergabung  sebagai volunteer:
"The 9th Nganget International Work Camp 2018"
Dengan tujuan untuk  mengurangi diskriminasi terhadap orang yang pernah mengalami kusta.
▪ Pendaftaran: 1. Isi formulir registrasi online  bit.ly/NIWC2018
2.  Download  form CV, Esai, dan Surat izin bit.ly/NIWC2018FORM
3. Kirim CV, Esai, Scan/Foto Surat Izin,  dan Foto diri ke:  Email: indonesia.lcc@gmail.com  cc: hidayatulfika76@gmail.com
▪ Konfirmasikan pendaftaranmu dengan mengirimkan pesan ke 0852-4317-1231 a.n Fika Dengan format: NIWC2018_Nama Lengkap_Universitas_Fakultas_Angkatan 
Deadline pengiriman berkas: 12 April 2018 ( 23.55 WIB )

Teaser The 9th Nganget Inter…

[OPEN RECRUITMENT THE 6TH DONOROJO WORK CAMP 2018]

Hallo calon volunteer, apakah kamu ? 
✔ Mahasiswa salah satu universitas di Indonesia (termasuk post-graduate) ✔ Aktif, independen, dan bertanggung jawab ✔ Bersedia berinteraksi dengan orang yang pernah mengalami kusta selama 2 minggu ✔  Berkomitmen untuk mengikuti acara work camp pada 7-20 Agustus 2018 dan bersedia mengikuti rangkaian acara DRWC 2018

Kami mengajak kamu untuk bergabung  sebagai volunteer:
"The 6th Donorojo Work Camp 2018"
Dengan tujuan untuk  mengurangi diskriminasi terhadap orang yang pernah mengalami kusta.
▪ Pendaftaran: 1.  Download  form CV, Motivation Letter, dan Surat izin bit.ly/DRWC2018
2. Kirim CV, Esai, Scan/Foto Surat Izin,  dan Foto diri ke:  Email: Indonesia.lcc@gmail.com Cc: Yuta29x@gmail.com
▪ Konfirmasikan pendaftaranmu dengan mengirimkan pesan ke: 0856 9252 1385 a.n Yuta Dengan format: NIWC2018_Nama Lengkap_Universitas_Fakultas_Angkatan 
Deadline pengiriman berkas: 29 April 2018 ( 23.55 WIB )
Regards, Leprosy Care Community Indonesia
Line:…

[Struktur Kepengurusan LCC 2018]

Hallo Volunteers, yuk kenalan dengan pengurus baru dari LCC 2018!
General Leader LCC 2018 adalah Putu Arya dari Universitas Indonesia.  Anggota pengurus LCC adalah mahasiswa dari universitas-universitas di Indonesia.
Tahun ini tema yang diangkat adalah "Break The Chain Make A Change"
Selamat mengemban amanah! Sukses untuk LCC kedepannya!