Skip to main content

Liputan Latihan Bersama Pramuka UI Mengenai Hubungan Masyarakat dan Komunikasi


Sabtu, (17/5) di ruang diskusi Perpustakaan Pusat UI, LCC mendapat undangan dari Pramuka UI untuk mengikuti Latihan Rutin Pramuka UI, kali ini membahas tentang Humas dan Komunikasi. Pematerinya tidak main-main, Kak Brata T. Hardjosubroto, merupakanPublic Relations Advisor di PT Néstle Indonesia. Selain itu, beliau yang juga lulusan Psikologi UI tahun 1982 ini merupakan wakil ketua dari Asia-Pacific Regional Scout Sub-Committee WOSM (World Organization of the Scout Movement).
Acara ini dibuka dengan perkenalan dari Kak Brata, begitu beliau akrab disapa, dan peserta latihan lainnya yang tidak hanya LCC, tapi juga ada perwakilan dari Green CommunityUI, bahkan ada yang dari luar UI. Penjelasan awal oleh Kak Brata dengan pembawaannya yang bersahabat ini dimulai dengan menjelaskan mengapa Public Relations itu dibutuhkan. Seperti yang kita tahu, Public Relations merupakan cerminan dari suatu organisasi. Jadi,Public Relations ini dibutuhkan untuk meningkatkan citra organisasi itu sendiri. Public Relations yang baik akan menumbuhkan citra baik dan kepercayaan organisasi tersebut di mata masyarakat.
Public Relations atau Hubungan Masyarakat adalah upaya yang terencana dan berkesinambungan untuk membangun dan mempertahankan hubungan baik dan saling pengertian anatara organisasi dan pemangku kepentingannya (tersktruktur, terencana, dan terprogram). Kegiatan Humas ini erat kaitannya dengan reputasi organisasi (atau produknya, layanannya, atau anggotanya) untuk meraih pemahaman dan dukungan. Reputasi itu sendiri adalah hasil perbuatan, perkataan, dan pendapat orang lain tentang kita.
Bahasan dilanjutkan dengan perbedaan antara Hubungan Masyarakat dengan Pemasaran. Pemasaran merupakan upaya memamerkan kelebihan kita, sedangkan Humas merupakan upaya membujuk orang lain agar mengakui dan meceritakan kelebihan kita (atau organisasi) kepada yang lain. Selain itu, perbedaan Hubungan Masyarakat dengan Pemasaran terletak pada strategi dasarnya. Strategi dasar Humas adalah hubungan media, special events, dan komunikasi internal. Sedangkan, strategi dasar pemasaran adalah produk, tempat, harga, dan promosi.
Hubungan Masyarakat erat kaitannya dengan komunikasi. Kata komunnikasi berasal dari Bahasa Latin “communis” yang artinya common (bersama) dan kata kerja “communicare” yang artinya membangun sebuah komunitas atau kebersamaan. Jadi, dapat diartikan komunikasi  merupakan koneksi vital yang menghubungkan organisasi dengan anggota, masyarakat, pelanggan, anggota atau konsumen, organisasi lain, pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya. Komunikasi ditunjang oleh TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi, sangat erat dengan proses demokrasi, dan bertujuan untuk membangun konsesus sebagai media lobbying, serta bersifat kompetitif.
Dewasa ini, Hubungan Masyarakat erat dengan media sosial. Kekuatan Hubungan Masyarakat di sosial media ini memiliki peranan yang sangat penting. Komunikasi ini menyangkut orang, yang kemudian berpengaruh pada hubungan komunikasi antarindividu. Selain itu, menyangkut pula pada masyarakat dan peran serta masyarakat. Komunikasi antarindividu yang dibentuk juga dari monolog menjadi dialog. Media sosial dewasa ini juga merupakan bentuk perubahan media dan pemasaran tradisional. Media komunnikasi ini juga memberikan kesempatan pada setiap orang untuk terlibat langsung sebagai narasumber, ikut berkontribusi, membaca, menulis, usul, mengeluh, dan mengkritik melalui berbagai media, seperti blogtaggedtwitter, flicker, facebook, podcasts, youtube, dan lain-lain.
Untuk menjalankan sebuah hubungan masyarakat, para pelaku Humas harus menetapkan sasaran. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam mengidentifikasi target khalayak. Selain itu, dalam memnjalankan Hubungan Masyarakat ini juga harus dapat menyepakati fokus program dan menyusun key messages untuk mempermudah pelaksanaan dan eksekusi target. Setelah Hubungan Masyarakat ini terlaksana, diadakan evaluasi yang terdiri daari Crisis Management dan Media Training.
Salah satu produk dari Humas di dunia maya juga ada websiteSocial website ini juga berfungsi sebagai manajemen reputasi organisasi itu sendiri. Berawal dari profil organisasi, kemudian menjadi identitas organisasi itu sendiri, terbentuklah reputasi organisasi, yang kemudian menumbuhkan kepercayaan. Hal ini disebut Reputation Management Cycles. Sebuah kepercayaan dibangun dengan reputasi yang baik dari seorang individu yang diperoleh atau diketahui  melalui profil dan identitas yang melatarbelakanginya. Perlu diingat pula bahwa reputasi membangun citra seorang individu (dalam hal positif).
Selanjutnya, kak Brata juga membahas mengenai Crisis Management. Dalam menajemen krisis, setidaknya ada tiga tahap, yaitu mengenali krisis, menghadapi krisis, dan penyelesaian krisis. Dalam mengenali krisis, kita dituntut untuk bisa mengenali gejala-gejala krisis sebelum krisis tersebut terjadi. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan diri jika krisis yang dihadapi suatu perusahaan atau lembaga menjadi lebih parah. Jika kita sudah bisa mengenali krisis sebelum krisis itu terjadi, kita diharapkan akan lebih mudah dalam menghadapi krisis karena sebelumnya kita dituntut untuk memprediksi seberapa besar dampak yang terjadi akibat krisis dan dituntut untuk mendapatkan solusinya. Setelah kita bisa memprediksi dampak dan menemukan solusi untuk sebuah krisis, penyelesaian krisis akan terasa lebih mudah karena kita sudah mempersiapkannya dari pengenalan terhadap krisis sebelum krisis tersebut benar-benar terjadi.
Materi dari Kak Brata ini dibawakan sangat komunikatif sehingga peserta memperhatikan dengan antusias. Penjelasan Kak Brata ini ditutup dengan beberapa pertanyaan dari beberapa peserta seputar Hubungan Masyarakat, dan obrolan ringan di luar pembahasan Hubungan Masyarakat yang sebelumnya disampaikan. Kak Brata yang bersahabat ini juga menjelaskan pengalaman-pengalaman beliau yang aktif di kepramukaan. Tak hanya dengan Kak Brata yang mengesankan, saya – selaku perwakilan LCC yang datang ke acara ini – juga mendapat teman dan kenalan baru dengan pengetahuan dan pembicaraan yang baru juga. (LMPS)

Comments

Popular posts from this blog

[OPEN RECRUITMENT THE 9TH NGANGET INTERNATIONAL WORK CAMP 2018]

Apakah kamu ? 
✔ Mahasiswa salah satu universitas di Indonesia  ✔ Memiliki komitmen dan motivasi menjadi volunteer ✔ Bersedia berinteraksi dengan orang yang pernah mengalami kusta selama 2 minggu ✔  Berkomitmen untuk mengikuti acara work camp pada 6-20 Agustus 2018 dan bersedia mengikuti rangkaian acara NIWC

Kami mengajak kamu untuk bergabung  sebagai volunteer:
"The 9th Nganget International Work Camp 2018"
Dengan tujuan untuk  mengurangi diskriminasi terhadap orang yang pernah mengalami kusta.
▪ Pendaftaran: 1. Isi formulir registrasi online  bit.ly/NIWC2018
2.  Download  form CV, Esai, dan Surat izin bit.ly/NIWC2018FORM
3. Kirim CV, Esai, Scan/Foto Surat Izin,  dan Foto diri ke:  Email: indonesia.lcc@gmail.com  cc: hidayatulfika76@gmail.com
▪ Konfirmasikan pendaftaranmu dengan mengirimkan pesan ke 0852-4317-1231 a.n Fika Dengan format: NIWC2018_Nama Lengkap_Universitas_Fakultas_Angkatan 
Deadline pengiriman berkas: 12 April 2018 ( 23.55 WIB )

Teaser The 9th Nganget Inter…

[OPEN RECRUITMENT THE 6TH DONOROJO WORK CAMP 2018]

Hallo calon volunteer, apakah kamu ? 
✔ Mahasiswa salah satu universitas di Indonesia (termasuk post-graduate) ✔ Aktif, independen, dan bertanggung jawab ✔ Bersedia berinteraksi dengan orang yang pernah mengalami kusta selama 2 minggu ✔  Berkomitmen untuk mengikuti acara work camp pada 7-20 Agustus 2018 dan bersedia mengikuti rangkaian acara DRWC 2018

Kami mengajak kamu untuk bergabung  sebagai volunteer:
"The 6th Donorojo Work Camp 2018"
Dengan tujuan untuk  mengurangi diskriminasi terhadap orang yang pernah mengalami kusta.
▪ Pendaftaran: 1.  Download  form CV, Motivation Letter, dan Surat izin bit.ly/DRWC2018
2. Kirim CV, Esai, Scan/Foto Surat Izin,  dan Foto diri ke:  Email: Indonesia.lcc@gmail.com Cc: Yuta29x@gmail.com
▪ Konfirmasikan pendaftaranmu dengan mengirimkan pesan ke: 0856 9252 1385 a.n Yuta Dengan format: NIWC2018_Nama Lengkap_Universitas_Fakultas_Angkatan 
Deadline pengiriman berkas: 29 April 2018 ( 23.55 WIB )
Regards, Leprosy Care Community Indonesia
Line:…

[Struktur Kepengurusan LCC 2018]

Hallo Volunteers, yuk kenalan dengan pengurus baru dari LCC 2018!
General Leader LCC 2018 adalah Putu Arya dari Universitas Indonesia.  Anggota pengurus LCC adalah mahasiswa dari universitas-universitas di Indonesia.
Tahun ini tema yang diangkat adalah "Break The Chain Make A Change"
Selamat mengemban amanah! Sukses untuk LCC kedepannya!