International Workcamp 2011


Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Nganget, Tuban, Jawa Timur, pada tanggal 5-15 September 2011 lalu. 
Peserta yang mengikuti acara ini tidak hanya volunteer dari Indonesia, tetapi ada beberapa volunteer Jepang. Internasional workcamp ini merupakan kali kedua yang telah dilaksanakan. Berbagai kegiatan, kami lakukan selama 10 hari di desa tersebut. Kegiatan yang kami lakukan disana antara lain, pemasangan bata blok untuk akses jalan, pemasangan pagar dan melukis dinding pada sekolah taman kanak-kanak, kunjungan ke rumah warga ex penderita kusta, kerjabakti di panti rehabilitasi kusta, dan masih banyak kegiatan lainnya.  

Internasional workcamp ini tidak hanya fokus pada proyek pembangunan, tetapi juga pada tujuan utama LCC yaitu mengurangi diskriminasi terhadap mantan penderita penyakit kusta. Dengan melakukan pendekatan secara langsung, berbaur, bersosialisasi, bercanda, bekerjasama, bahkan makan bersama, mereka (ex kusta) merasa tidak diasingkan. 

Dengan kedatangan campers dari Jepang, kami juga mengadakan pertukaran budaya. Kegiatan ini bertujuan untuk saling mengenal para campers. Dengan saling mengenal antarcampers, semua kegiatan yang kami laksanakan tentu dapat terlaksana dengan solid.

Oleh karena itu, kami merasa acara seperti internasional workcamp ini dapat dilaksanakan secara rutin dengan program pengembangan lainnya. Semoga dapat jumpa kembali pada internasional workamp selanjutnya.

Comments