Grand Launching LCC UI 2014, Inilah Awal Perjalanan Kami

Dengan tema “Stop Diskriminasi terhadap Kusta dan Orang yang Pernah Mengalaminya”, para pengurus baru LCC serta beberapa volunteers LCC telah melaksanakan Grand Launching. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 24 Maret 2014 di sekitar halte stasiun UI, Depok. Grand Launching ini adalah acara yang spesial! Mengapa spesial? Karena acara tersebut merupakan kegiatan yang kali pertama dilakukan oleh pengurus LCC sepanjang masa kepengurusannya sejak tahun pertama.
Sebelum acara Grand Launching dilaksanakan, terdapat rangkaian acara di setiap fakultas, Universitas Indonesia. Rangkaian acara tersebut berbentuk ajakan untuk para mahasiswa/mahasiswi ataupun masyarakat yang berada di lingkungan Universitas Indonesia agar mendukung sekaligus berpartisipasi dalam memerangi stigma negatif dan diskriminasi terhadap orang yang pernah mengalami kusta. para mahasiswa/mahasiswi atau masyarakat diajak berfoto dengan suatu tulisan yang berisi ajakan kepada publik untuk tidak lagi takut ataupun jijik dengan orang-orang yang pernah mengalami kusta. Karena mereka pun juga manusia, mereka sama dengan kita, mereka pun juga membutuhkan perlindungan Hak Asasi Manusia. Setelah berfoto dan menulis testimoni, hasilnya diunggah di Twitter. Diharapkan dari unggahan foto-foto tersebut dapat mengajak massa dalam intensitas yang jauh lebih banyak untuk berpartisipasi dengan gerakan peduli kusta ini
. Pada Senin, 24 Maret 2014, pukul 16.00 WIB kami melaksanakan Grand Launching. Kami membagi bunga-bunga kertas yang berisis Beragam tanggapan kami terima, dari mulai tanggapan yang positif, antusias, senang, bingung, biasa-biasa aja, hingga tanggapan yang kurang enak, disertai wajah yang masam. Tetapi hal tersebut tidak membuat kami gentar untuk terus melakukan acara ini. Kami mulai membagi-bagi kelompok. Terdapat 3 titik, yaitu di sekitaran halte stasiun UI, depan pos PLK, serta depan stasiun UI. Saat Grand Launching berlangsung, kami tidak sengaja bertemu dengan orang yang pernah mengalami kusta, ia bercerita awal mula terdeteksi kusta, dan ia pun bersyukur karena telah terdeteksi secara dini, sehingga tidak kekurangan apapun.
Sekitar pukul 18.00 WIB, kami pun segera membereskan diri untuk segera menuju asrama Universitas Indonesia melakukan evaluasi acara. Kami bersyukur ratusan bunga pamflet telah habis tersebar. Kami bersyukur dapat menebar kebaikan untuk orang banyak.
Meskipun persiapan yang singkat namun sangat padat yang kami lakukan untuk acara ini, kami bersyukur acara The First Grand Launching Leprocy Care Community 2014 berhasil dan sukses kami laksanakan. Kami juga berterima kasih kepada pihak-pihak yang secara langsung maupun tidak langsung telah membantu kami dalam melaksanakan acara ini. Harapan kedepannya, semoga visi dan misi LCC untuk mengurangi stigma negatif dan diskriminasi terhadap orang yang pernah mengalami kusta dapat tercapai dan dapat terus menginspirasi masyarakat luas khususnya para mahasiswa di seluruh Indonesia.

Comments